Beranda Daerah Kuatkan Nilai Sejarah & Kebangsaan, Pesantren Lirboyo Kediri Gelar Pameran Sejarah Pesantren

Kuatkan Nilai Sejarah & Kebangsaan, Pesantren Lirboyo Kediri Gelar Pameran Sejarah Pesantren

16
0
BERBAGI

Kediri, Jurnalmerdeka.com – Sebagai upaya untuk mengenalkan kebudayaan dan sejarah kepada para santri. Sekitar 100-an pusaka dan kitab kuno dipamerkan di Pondok Pesantren Lirboyo,┬áKediri, Jawa Timur, Rabu (2/10/2019).

Dalam acara pameran ini, banyak foto, serta benda-benda peninggalan pendiri pondok, kitab hingga barang pusaka turut dipamerkan. Beberapa misalnya, bedug pertama di Masjid Lawang Songo Pesantren Lirboyo, kursi roda romo KH Marzuqi Dahlan, dan beberapa peninggalan lainnya.

Imam Mubarok ketua panitia menuturkan, acara pameran kesejarahan bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada santri tentang pentingnya sejarah.

“Agenda ini adalah pameran kesejarahan. Salah satu tujuannya penguatan ke para santri bahwa pesantren memiliki sejarah panjang dalam ikut andil menjaga NKRI,” (kata Ketua Panitia Pameran Kesejarahan di Pesantren Lirboyo Kota Kediri Imam Mubarok di Kediri).

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Pesantren Lirboyo Kediri serta Lembaga Seniman Kebudayaan Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Kediri. Sementara itu, acara ini digelar pada 1 hingga 4 Oktober 2019.

Dalam kegiatan ini, selain terdapat pameran benda pusaka serta kitab, juga terdapat kegiatan halaqoh penguatan nilai kebangsaan di pesantren. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh budayawan KH D Zawawi Imron. (Rfiq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here