Beranda Daerah Pendidikan Agama Dihapus, HMI : Pendidikan Agama Penting

Pendidikan Agama Dihapus, HMI : Pendidikan Agama Penting

67
0
BERBAGI

SUMENEP – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sumenep, Syaihol Hadi dalam kesempatannya turut memberikan komentar terkait dengan isu dan wacana yang akan menghapus pendidikan agama dibangku-bangku sekolah. Sementara itu, ia juga menilai bahwa pendidikan agama selain sebagai sumber nilai juga menjadi kebutuhan akan fondasi pembangunan karakter dari seorang anak.

Syaihol Hadi juga menjelaskan, pentingnya pendidikan agama sebagai sumber nilai selaras dengan sila pertama dalam Pancasila (Ketuhanan Yang Maha Esa). Maka selaras dengan hal itu, Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi perekat menjadi penghubung bagi ke-bhinnekaan nilai-nilai atau kaedah yang hidup dan berkembang dimasyarakat.

“Menjadikan agama itu sebagai perekat sebagai berkas kehidupan jalan terakhir. Jadi agama itu jalan terakhir bagi semua agar orang itu butuh agama karena dia dianggap sebagai juru selamat atau jalan terakhir”,(kata Syaihol Hadi, dalam keterangannya, Rabu 10/07/2019).

Menurut dirinya, jika saat ini muncul wacana penghapusan pendidikan agama. Justru hal tersebut harus dikaji kembali, karena agama adalah indikator sebut saja bagi hidupnya nilai-nilai Ke-Indonesiaan kenegaraan kita hari ini. Nilai-nilai Ke-Islaman misalnya, tidak bisa bertentangan dengan semangat nilai-nilai Ke-Indonesiaan. Begitupun sebaliknya. Persatuan Indonesia sudah saling merekat dengan sila pertama, Kemanusiaan yang adil dan ber-adab sudah saling mengikat dengan sila pertama begitupun seterusnya.
“Di sanalah kita bisa melihat fungsi agama dalam suatu negara sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan apalagi dipisahkan sama sekali”.(ungkapnya).

“Oleh karena itu juga, ajaran agama yang dikembangkan di sekolah-sekolah harus menumbuhkan semangat cinta tanah air yang tinggi. Agar setiap pemeluk agama tersebut taat kepada agamanya, namun juga sekaligus mencintai tanah airnya,” (tambahnya). (Ras/yu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here